Selasa, 08 Maret 2016

Perangkat Keras (Hardware) Komputer dan Fungsinya

perangkat monyets (hardware) komputer dan fungsinya- secara umum perangkat komputer terbagi menjadi 3 bagian yaitu hardware ,aplikasi dan brainware. perangkat monyets (hardware) komputer merupakan alat-alat dari komputer yang dapat dilihat, disentuh atau berwujud/berbentuk untuk
mendukung kinerja dari computer itu sendiri.


Baca juga : Cara menampilkan ikon bluetooth yang hilang
                    Mengubah ikon folder windows 8


perangkat lunak (aplikasi) komputer merupakan sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa acara atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah.

melalui aplikasi inilah suatu computer dapat menjalankan suatu perintah, sedangkan brainware merupakan orang/insan yg menjalankan atau menggunakan komputer tersebut. untuk pembahimpiann kali ini, kita akan membahas mengenai perangkat monyets (hardware) komputer beserta fungsinya, tanpa lama lagi yuk kita pribadi bahas saja.

4 kategori dari perangkat monyets (hardware) komputer

sebagaimana kita tau perangkat monyets (hardware) komputer itu banyak macamnya. agar memperbeliah kita dalam memahaminya maka kita bagi ke dalam 4 kategori yaitu:
input device : alat input / masukan
process device : alat yang menjalankan proses sistem computer
output device : alat output / keluaran, menghubungkan sistem keluar
storage device : alat untuk menyimpan

untuk memperterperinci kategori–kategori tersebut serta perangkat monyets mana saja yg termasuk dalam setiap kategori berikut penterperinciannya:
1. input device

input device merupakan unit yg fungsinya sebagai media untk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untk diolah guna mengakibatkan gosip yg diharapkan. input devices yg umumnya digunakan pada computer (pc) merupakan keyboard, mouse, joystick, touch pad, scanner dan lain-lain.
keyboard fungsinya memasukkan huruf, angka, kminuman memabukanter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untk melsayakan perintah-perintah lainnya yang diharapkan, mirip menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.
keyboard
mouse fungsinya untuk memcantikkan pointer atau kursor secara cepat serta menjalankan peritah klik kiri dan kanan.
mouse
touch pad fungsinya yg sama dengan mouse namun memiliki bentuk yg berbeda yaitu berupa bantalan sensitif terhadap sendewa, biimpiannya ada di laptop.
joystick fungsinya untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer dengan menekan tombol – tombol yang ada pada perangkat, biimpiannya di gunakan untk bermain games pada komputer.
joystick










scenner fungsinya sama mirip mesin fotocopy hanya saja berbeda akibatnya bila mesin fotocopy dapat dilihat di kertas sedangkan scenner dapat dilihat di layar monitor.
scanner


2. process device

unit ini fungsinya untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat monyets masukan. berikut akan diterperincikan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat pemrosesan.
power supply (psu) berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat monyets komputer.
power supply
motherboard fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahimpian kode antar perangkat monyets agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
motherboard
prosesor fungsinya mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk mampu digunakan menjalankan acara-acara komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi anda.
prosessor
ram (random access memory) fungsinya sebagai daerah penyimpanan data sementara. memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan processor dengan cepat untuk diolah menjadi gosip.
ram
vga card (kartu grafis) fungsinya merupakan untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke monitor untk menampilkan grafis atau menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.
vga card

3. output device
output device merupakan perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan akibat akhir dari pengolahan yang dilsayakan oleh cpu. perangkat ini merupakan alat yg sangat penting peranannya bagi pengguna komputer sebab akan menawarkan akibat yg di inginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media contohnya kertas. berikut ini beberapa perangkat yg termasuk dalam output device.
monitor fungsinya menampilkan dua data atau gosip dalam bentuk teks atau grafik.
monitor
printer fungsinya untuk mencetak gosip yg diakibatkan oleh komputer pada media kertas.
printer
speaker merupakan unit keluaran yg mengakibatkan bunyi.

4. storage device
storage atau biimpian juga disebut memory merupakan suatu daerah penyimpanan atau penampung data dan acara. contohnya mirip hardisk, fleshdisk, cd dan lainnya yg fungsinya sebagai media penyimpanan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar